Home » » Cara Membersihkan Kamera Dengan Benar

Cara Membersihkan Kamera Dengan Benar

Written By Unknown on Monday 20 January 2014 | 08:24

Setelah digunakan untuk menangkap begitu banyak momen dan gambar, bekerja keras di dalam dan luar ruangan, sebuah kamera butuh perawatan yang baik untuk bisa tetap menghasilkan foto-foto yang bagus dan jernih. 

Membersihkan kamera adalah hal yang penting dan tidak boleh diabaikan, terutama jika kamu lebih sering menggunakannya di luar ruangan yang rawan debu dan kotoran. Secara umum, baik untuk kamera saku maupun dSLR, cara membersihkannya sama. Hanya, dSLR butuh dibersihkan pada bagian sensor – yang adalah komponen terpentingnya. Tapi pada tutorial ini saya hanya akan menjelaskan perawatan secara umum, tidak mencakup sensor cleaning. Mari kita mulai.

Untuk membersihkan kamera, kamu membutuhkan alat-alat khusus seperti berikut:


Kain microfiber yang bebas kimia dan minyak (sama seperti kain pembersih kaca mata). Pastikan untuk menyimpannya di kantong yang bersih dan tertutup.

Kuas lembut.
Blower (lebih baik tidak meniup kotoran dengan mulut)

Lens tissue (untuk mengangkat residu pada lensa)

Cotton buds (hanya untuk bagian-bagian sempit pada tubuh kamera)

Cairan pembersih khusus lensa (sebagai pengganti air)

Alat-alat ini bisa dibeli di toko-toko kamera.

Jangan pernah menggunakan benda-benda berikut untuk membersihkan lensa:

Tissue (baik itu tissue wajah, tissue makan, dan sejenisnya)
Kapas.
Kain yang tidak bebas partikel (karena bisa menggores)
Cairan pembersih selain yang khusus untuk lensa.
Kuas yang kasar.
Membersihkan Lensa

Buka tutup lensa (pada kamera saku, nyalakan kamera), lepas filter lensa (kalau digunakan)

Posisikan lensa menghadap ke bawah, gunakan blower untuk meniup debu di seluruh permukaan lensa.

Jika masih ada debu di pinggiran lensa, gunakan kuas untuk menyapunya.

Usap lensa dengan lembut menggunakan kain microfiber dengan gerakan memutar mulai dari tengah lensa bergerak ke arah luar. Jika ada kotoran yang membandel, basahi kain dengan cairan pembersih lensa  sebelum mengusap (JANGAN semprotkan cairan langsung ke lensanya)

Jika masih ada sisa dari kain, angkat dengan lens tissue.

Membersihkan LCD  dan viewfinder langkah-langkahnya sama dengan membersihkan lensa. Tapi pada bagian viewfinder hood, mungkin perlu digunakan cotton buds untuk mengangkat kotoran yang tersembunyi di sela-sela karetnya.

Membersihkan Body Kamera

Pastikan kamera dalam keadaan mati
Gunakan kuas untuk membersihkan permukaan body, terutama setelah dipakai memotret di pantai yang berangin dan berpasir. Perhatikan terutama bagian-bagian sambungan seperti tempat memasang lensa, tutup batere, pintu SD card, dan tombol-tombol.

Setelah bagian-bagian sempit dibersihkan, gunakan kain lembut untuk mengelap seluruh body camera. Sebaiknya gunakan kain terpisah dan bukan yang dipakai untuk membersihkan lensa dan LCD. Sedikit cairan pembersih lensa juga boleh digunakan.
Tips terakhir:

Jangan pernah memegang lensa dengan jari karena akan meninggalkan jejak yang mungkin mengandung minyak yang akan sulit dibersihkan. Bagian LCD juga sebaiknya bebas jejak jari meskipun akan lebih mudah tersentuh mengingat posisinya.

Jangan gunakan ujung kaos, tissue, atau sembarang kain untuk membersihkan lensa jika kamu sedang di luar rumah. Usahakan untuk selalu membawa kain microfiber dalam tas kameramu jika bepergian.

Check website kamera yang kamu gunakan untuk instruksi perawatan yang lebih mendetil dan sesuai dengan jenis dan merknya.

Bersihkan kamera secara rutin atau segera setelah digunakan di lokasi yang sangat berdebu. Jika ada partikel yang tersangkut dan menyebabkan tombol macet, jangan dicungkil. Bawa ke toko kamera untuk pembersihan yang profesional.

Sumber: Fotonela
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PIKIRANKITA.COM | MERAWAT ACEH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Shared by Vice Blogger | Proudly powered by Blogger